Tags

,

Tersebutlah 3 onggok emak yang tergabung dalam perkumpulan Emak-Emak Dodol. Seperti biasa, kalau sudah ngumpul, woman’s talk tak lepas dari dapur, sumur dan  Eyang Subur kasur.

Sore itu, pembicaraan terarah ke dapur. Abaikan sementara soal keahlian memasak yang belum tentu sukses, ada baiknya sekarang kita fokuskan pada hasil memasak yang gagal. Cerita dimulai dari seorang ibu muda omnivora sejati (apa aja dimakan, kamsudnya..)

 @@@

Cerita dari…sebut saja namanya BUNGA (mirip Pos Kota ya..)

“Kemaren itu gue ceritanya mau masak. Suami sebelumnya dah wanti-wanti, jangan masak macem-macem Mah, yang gampang aja. Gue iya-in aja biar cepet. Yang biasa-biasanya kaga pernah ke warung sayur, sekarang gue ke sana. Pulang dari warung, tetangga liat gue bawa ayam seekor, mereka nanya, mau masak apa bu? SOTO AYAM. Mantep jaya deh jawaban gue.

Berbekal resep contekan dari blog apaan tau, terjunlah ke dapur. Ayam direbus, udah, Bumbu diuleg, kelar. Gue cobain dong ya, kok asin. Gue buang tuh air separo, tambahin air lagi, kok masih asin. Gue tambahin gula, aduk-aduk, masih asin juga. Ini kok kayak garem sebalok dicemplungin ke air. Gue capek. Tuh ayam juga pasti capek. Mana rasa makin gak karuan…

Voila, ide brilian lewat sekelebatan, gue buang tuh kuah, ayamnya digoreng. Jadinya bukan SOTO AYAM, tapi AYAM GORENG

*kuah mana kuah??*

@@@

Cerita si RANTING

“Kalo pengalaman gue soal UNGKEP AYAM. Lagi sendirian di rumah sama anak, kayaknya enak nih makan ayam goreng. Ya udah gue cuma beli ayam sekilo di tukang sayur, karena bumbu semua lengkap di dapur.

Kalo loe pake gugling resep, gue gak. Nanya siapapun juga gak, gengsi ceritanya. Cuek aja tuh bawang, semua bumbu dapur dimasukin, porsinya banyak semua pula. Gak pake dicoba, ayam itu gue balur-balur semua dengan bumbu. Pas mau di ungkep, kok perasaan gak enak ya. Pas gue coba, RASANYA KAYAK JAMU!!!!

*Njonja Meneer tersenyum di ujung sana, telah lahir seorang penerus…*

“Daripada gak bisa dimakan, gue buang tuh bumbu, ayamnya dicuci lagi pake air keran. Gue lari lagi ke warung, beli BUMBU JADI. Tuh ayam diungkep lagi, dan sukses. Sukses ngelabuin orang rumah maksudnya….Dan sama seperti loe, tuh ayam juga pasti depresi.”

@@@

Cerita si DAUN

“Ah kalian payah semua, kayak gue dong jadi mantu idaman mertua….

Gue masak apa aja bisa, mau sayur lodeh..hayo, sayur asem…oke, rendang yang orang bilang susah…hajar bleh!”

BUNGA dan RANTING melongo dan kompak menyahut “Bagi resepnya dong….”

“ahhh, gitu aja kok repot, kagak perlu pake gugling atau nanya-nanya, norak itu mah.. Tinggal dateng aja ke warung terdekat..TRUS BELI BUMBU JADI….kelar urusan.”

*Yaelah Bu, dapet salam dari irisan bawang…*

  @@@

Pembicaraan penuh kedodolan ini pun diakhiri dengan kesepakatan bersama saat ditanyakan tentang hal berikut :

Question (Q) : “Dimanakah kalian membuang hasil kejahatan masakan yang gagal?”

Answer (A) : “DI PLASTIK WARNA ITEM, BIAR GAK KETAUAN…”

 *berasa buang bangke gak sih……*

Bener kata pepatah, sepandai-pandai tupai melompat, pasti jatuh dari pohon juga. Serapet-rapetnya aib ditutupi, pasti diposting di blog.

Salam bumbu penuh nafsu dari murid chef Parah Quinn Banget

Budina

Advertisements